Beberapa Manfaat Keju Bagi Kesehatan

Bagi sebagian orang, keju adalah makanan yang perlu dihindari karena kandungan lemak dan garam di dalamnya. Atau, mungkin juga karena tidak suka dengan rasanya. Kendati demikian, sebenarnya keju juga memiliki sejumlah nutrisi yang baik untuk tubuh. Sebagian orang mungkin sangat menyukai keju, bahkan menjadikannya camilan. Tapi ada juga sebagian orang lain yang justru merasa takut untuk mengonsumsinya. Keju merupakan produk makanan yang terbuat dari susu hewan seperti sapi, kambing, atau domba. Berbeda jenis keju, berbeda pula kandungan gizinya. Namun secara umum, keju kaya akan kalsium, protein, vitamin A, B12, fosfor, riboflavin, magnesium, dan seng (zinc) yang merupakan nutrisi penting bagi tubuh. 


Manfaat keju bagi kesehatan Satu potong keju dengan berat 40 gram mengandung jumlah kalsium yang hampir sama dengan satu cangkir susu atau yoghurt. Asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan, dan cukup memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari, kandungan yang ada di dalam keju dapat memberikan beragam manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat keju bagi kesehatan yang perlu kita ketahui. 

- Manfaat keju untuk ibu hamil dan menyusui 

Keju mengandung nutrisi yang dibutuhkan ibu dan bayi. Air susu ibu (ASI) adalah sumber nutrisi penting bagi bayi. Disarankan untuk mengonsumsi keju selama masa menyusui, agar membantu dalam pemberian nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Ibu hamil dianjurkan untuk hanya mengonsumsi keju bertekstur keras seperti cheddar, keju semi-lembut seperti mozzarella, atau keju yang telah melalui proses pasteurisasi (bukan keju yang terbuat dari susu mentah). Beberapa jenis keju tidak aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena rentan menjadi tempat berkembangnya bakteri Listeria yang berbahaya. Ibu bisa mengombinasikan keju dengan makanan sehat lainnya seperti salad, sup, atau roti. 

- Manfaat keju untuk kesehatan gigi 

Beberapa studi mengklaim, bakteri yang ditemukan dalam keju dapat membantu mencegah kerusakan atau kerapuhan gigi. Keju yang dibuat tanpa tambahan gula juga diduga mampu meningkatkan kandungan kalsium dan fosfor dalam enamel gigi, sehingga mengurangi risiko gigi berlubang. 

- Manfaat keju untuk kesehatan 

Sebuah penelitian menunjukkan anak yang secara teratur mengonsumsi keju memiliki kepadatan tulang lebih tinggi daripada mereka yang tidak. Keju dapat menjadi sumber kalsium yang lebih alami dibandingkan dengan suplemen atau vitamin. Selain beberapa manfaat di atas, keju juga diduga bisa menjadi salah satu cara melindungi tubuh dari penyakit tertentu, seperti kanker, obesitas (jika yang dikonsumsi jenis keju rendah lemak dan tidak berlebihan), dan penyakit jantung.

Penelitian lain juga menunjukkan, mengonsumsi produk olahan susu yang melewati proses fermentasi, seperti keju dan yoghurt, dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Namun hasil penelitian ini masih kontroversial dan perlu diteliti lebih lanjut. Kita bisa mendiskusikan mengenai rekomendasi porsi keju atau produk susu lainnya bersama dokter sebelum mengonsumsinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep bubur bayi dan cara membuat makanan sehat untuk bayi umur 6 - 12 bulan

Kelezatan Nasi Kuning Khas Samarinda di Lambung Mangkurat

Pola Makan yang Salah Dapat Menyebabkan Penyakit Kronik