Inilah Terapi di Rumah yang Bisa Dilakukan Para Penderita Vertigo



Vertigomerupakan keadaan dimana penderita mengalami kondisi lingkungan sekitarnya berputar atau melayang. Kondisi akan membuat penderitanya kehilangan keseimbangan sehingga kesulitan untuk sekedar berdiri atau bahkan berjalan dan cara terbaik untuk menggambarkannya dengan memutar tubuh beberapa kali dan merasakan kondisi yang dihasilkan. Penyakit ini biasanya berlangsung selama beberapa menit atau jam dan tergantung pada tingkat keparahannya, jika sudah cukup parah akan membuat penderitanya terjatuh.


Berikut adalah penyebab vertigo periferal diantaranya:

  • Beign paroxysmal positional vertigo, kondisi vestibuler telinga dalam mengalami gangguan dan dipicu oleh perubahan posisi dan gerakan kepala tiba-tiba seperti saat bangun tiba-tiba dari tidur, perubahan posisi kepala dan gerakan mendongakan kepala. Kondisi ini rentan dialami oleh orang yang pernah melakukan operasi telinga, riwayat cedera kepala, infeksi telinga dan dalam masa penyembuhan dan bedrest.
  • Riwayat cedera kepala, biasanya orang yang mengalami cedera kepala sebelumnya akan mengalami gangguan telinga yang menyebabkan vertigo periferal.
  • Mengalami labirintitis, adanya peradangan dan infeksi yang terjadi pada bagian telinga dalam khususnya pada saluran liku-liku dan penuh cairan, biasanya gejala yang timbul seperti mual, muntah, kehilangan kemampuan pendengaran, nyeri telinga dan demam.
  • Vestibular neuronitis, peradangan pada bagian saraf telinga yang terhubung langsung ke otak yang terjadi selama beberapa jam dalam sehari.

Untuk penyebab vertigo central adalah migrain dengan kondisi sakit kepala sebelah tidak tertahankan dengan rasa nyeri berdenyut dan sering dialami oleh usia muda. Disebabkan juga oleh multiple sclerosis dengan gangguan sinyal saraf pada sistem saraf pusat otak dan tulang belakang. Selain itu disebabkan juga oleh neuroma akustik, tumor otak, stroke dan mengonsumsi beberapa jenis obat.

Berikut adalah terapi untuk penyakit vertigo di rumah diantaranya:

  • Istirahat selama dan setelah serangan, semakin banyak beristirahat akan memberikan istirahat dan relaksasi untuk meminimalkan efek vertigo. Jika merasa pusing, duduk atau berbaring dengan segera. Melalui gerakan mendadak dan terkadang beberapa gerakan dapat memperparah sensasi vertigo yang dirasakan, perlu juga menghindari cahaya terang berlebihan.
  • Latihan fisik, seperti yoga untuk mengimbangi dengan mengonsumsi makanan rendah garam, kalori dan semua jenis gorengan.
  • Terapi dengan air, karena penyebab penyakit ini oleh tubuh yang terdehidrasi sehingga mengurangi volume darah maka suplay oksigen ke otak menjadi kurang, jadi penderitanya perlu memenuhi air mineral dalam tubuh yang tidak mengandung kalori, tidak ada kafein dan bukan diuretik.

Dapat juga melakukan terapi vertigo manuever epley yang merupakan pergerakan tubuh dan kepala tertentu dengan posisi khusus dilakukan secara berlawanan. Setiap posisi minima 30 detik untuk memberi waktu bagi partikel kecil bergerak ke arah lain dari saluran telinga dengan mengandalkan tarikan gravitasi. Sebaiknya bersama dengan fisioterapi untuk melakukan terapi ini dan bertujuan menghilangkan partikel kalsium kecil yang mengendap dari saluran telinga bagian dalam dan mengembalikan ke posisi yang tepat. Dapat juga menggunakan terapi teknik Bradt Daroff dengan duduk tegak di sisi tempat tidur dengan posisi kedua kaki di gantung selama 30 menit dengan mata tertutup.

Untuk vertigo disebabkan penyakit meniere dapat diringankan dengan membatasi konsumsi garam dan diuretik untuk mengurangi volume cairan yang tersimpan dalam tubuh, menghindari kafein, coklat, alkohol dan rokok. Melakukan fisioterapi untuk mengatasi gangguan keseimbangan dan akupuntur dan akupresur bagi sebagian orang mampu mengurangi gejala walaupun belum terbukti secara penelitian ilmiah bawah cara ini efektif.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengukur Efektivitas Optimisasi Website Untuk Tingkatkan Penjualan

Resep bubur bayi dan cara membuat makanan sehat untuk bayi umur 6 - 12 bulan

Tempat makan enak di Jakarta tujuan wisata kuliner